Lukisan Lak Palembang

Sabtu, 08 November 2008



KETIKA membicarakan seni rupa, banyak orang terutama yang awam sering hanya mengidentikkannya dengan seni lukis. Dalam dunia seni rupa, seni lukis hanyalah satu dari sekian banyak ragam ataupun bentuk dari karya seni rupa. Karya seni rupa adalah karya seni yang memiliki wujud atau rupa, bisa diraba atau dilihat secara fisik, yang bersifat konkret atau nyata adanya. Keberadaan karya seni rupa tidak terikat oleh ruang dan waktu, artinya suatu karya seni rupa dapat kita lihat dan apresiasi, kapanpun waktunya dan di manapun tempatnya.

Berdasarkan bentuk misalnya, maka karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, ada yang berbentuk dua dimensi dan ada pula yang berbentuk tiga dimensi. Karya-karya seni lukis dan seni grafis adalah contoh dari karya-karya seni rupa yang berbentuk dua dimensi, sementara seni patung dan seni keramik merupakan karya seni rupa yang tiga dimensional. Sedangkan khusus untuk seni kerajinan atau seni kriya, bentuknya ada yang dua dimensional dan ada pula yang tiga dimensional.

Berdasarkan uraian singkat di atas, maka yang dimaksud dengan lukisan lak Palembang adalah karya seni lukis khas Palembang, yang memiliki keunikannya sendiri. Lukisan lak Palembang ini belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat, karena keberadaanya juga relatif belum lama.

Lukisan lak, sesungguhnya merupakan hasil pengembangan dari seni kerajinan lak yang memang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat luas. Seperti halnya seni kerajinan lak, lukisan lak pun memiliki sensitifitas tinggi terhadap cahaya, dengan kata lain lukisan lak ini memiliki pesona yang lebih bila mendapat sumber cahaya yang cukup atau ditempatkan di ruang yang terang.

Bila dilihat secara teknis, sesungguhnya melukis lak ini tidak terlalu jauh berbeda dengan kegiatan melukis pada umumnya. Perbedaan yang mendasar adalah terletak pada media lukisnya. Seperti yang diungkapkan oleh Harun Rosidi Kamil, Taufik Ariswandudi, dan A. Kohar Muzakir selaku penggagas awal melukis dengan menggunakan media lak ini, “Melukis lak adalah kegiatan melukis yang menggunakan laker sebagai salah-satu dari media lukisnya” (erw).

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger template Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP